Biografi Seorang Tokoh Terkenal Di Daerah Jawa Yakni Habib Syech

Habib Syech Abdul Qadir Assegaf atau yang dikenal dengan Habib Syech merupakan salah seorang penyi'ar Islam khususnya di tanah Jawa. Beliau mensyi'arkan Islam melalui pengajian yang dipenuhi dengan shalawat. Untuk mengetahui kisah kehidupan beliau, maka kita dapat membacanya lewat biografinya. Biografi adalah sebuah keterangan yang menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang dan didalamnya juga menceritakan tentang semua kejadian yang dialami seseorang semasa hidupnya dari sejak kecilnya hingga dewasa bahkan sampai meninggal dunia. Tak hanya itu, pada biografi juga dijelaskan mengenai semua hal yang pernah dilakukan seseorang berupa jasa serta karya yang pernah diukir dalam kehidupan di dunia. Seorang tokoh terkenal di kalangan majelis shalawat yaitu habib syech, juga memiliki biografi yang telah ditulis oleh mereka yang banyak mengetahui sejarah kehidupan beliau dan kisah beliau tersebut tertuang didalam Biografi Habib Syech.

 Semua informasi mengenai Habib Syech bisa diperoleh dari Biografi Habib Syech mulai dari kelahiran, pendidikan, perjuangan, karya, kehidupan dalam berkeluarga dan masih banyak lainnya yang kesemuanya terkupas tajam didalam biografi seputar Habib Syech. Habib Syech adalah salah seorang putra yang terlahir di tanah Jawa, tepatnya di Kota Solo pada tanggal 20 September 1961. Beliau adalah salah seorang putra dari Al-Habib Abdul Qadir bin Abdurrahman Assegaf. Semenjak kecil Habib Syech dididik dengan ilmu agama Islam serta selalu diajarkan tentang akhlak. Kebiasaan beliau yang sering mengikuti ayahanda sekaligus sebagai gurunya disetiap halaqah keilmuan menjadikan habib syech sebagai seorang pengemban dakwah akhlak Rasul. Jiwa pejuang tinggi yang tertanam didalam diri habib syech merupakan sebuah warisan dari ayahandanya. Hal tersebutlah yang membuat HabibSyech tak pernah jenuh untuk menggemakan shalawat karena dari kecilnya juga sudah nampak kalau beliau adalah seseorang yang akan meneruskan perjuangan sang Ayah dalam berdakwah.


Didalam Biografi Habib Syech tertulis bahwa beliau adalah seorang habib yang mempunyai suara merdu. Dengan kualitas suara merdunya, beliau berhasil memikat para pecinta qashidah dengan lantunan sya'ir-sya'ir yang bersumber dari kitab Simthud Durar. Kepandaian beliau dalam mengemas irama sebuah sya'ir dengan indah mampu membuat semua telinga yang mendengarnya tergoda. Beliau adalah sang pemimpinacara shalawatan dan banyak umat Nabi Muhammad yang sudah berhasil diajaknya untuk mengikuti majelisnya karena majelis tersebut merupakan salah satu majelis yang mengajarkan kepada ummat akan pentingnya cinta kepada utusan Allah secara mendalam yang dibuktikan dengan melakukan kegiatan shalawat. Ribuan jama'ah bahkan sudah tergabung dalam Ahbabul Musthofa. Ahbabul musthofa adalah salah satu dari beberapa majelis di Indonesia yang didirikan sekitaran tahun 1998. 


Pada Biografi Habib Syech diceritakan pula mengenai awal langkah Habib syech Adul Qadir Assegaf memulai dan mengajak ummat untuk membesarkan rasa cinta kepadaNabi dengan bershalawat. Shalawat-shalawat tersebut berlantunkan sya'ir indah dengan iringan suara alunan musik qhasidah. Indahnya getaran nada-nada shalawat yang dilagukan mampu menggetarkan hatidan juga mampu dinikmati oleh segelintir penduduk di bumi Nusantara. 


Dalam biografi Habib syech yang tak lupa dicantumkan ialah tempat-tempat majelis yang pernah digunakan sebagai tempat untuk melantunkan sya'ir indah nan menggetarkan hati. Adapun beberapa kota tempat Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf sering memimpin acara shalawatan yaitu Yogyakarta, Purwodadi, Kudus, Jepara, Sragen dan Solo. Ajakan beliau tersebut merupakan salah satu kebaikan yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk dibawa ke alam akhirat. Sebagai ummat yang ingin diakui, disayangi dan diberikan syafa'ah oleh Nabinya, maka jalan yang harus ditempuh ialah banyak-banyak bershalawat. 

Banyak pelajaran yang dapat diambil dari hasil membaca Biografi Habib Syech diantaranya adalah kita dapat belajar tentang kesabaran, belajar bagaimana berakhlakul karimah, belajar mencintai diri sendriri, keluarga, sesama manusia, agam dan yang paling utama ialah cinta kepada Allah dan Rasulnya, belajar teguh dalam berpendirian, belajar tekun dalam ibadah, belajar pantang menyerah, belajar taat serta berbakti kepada orang tua dan guru, belajar istiqomah dan lain sebagainya. Kesemua pelajaran yang merupakan perbuatan-perbuatan baik tersebut dapat diaplikasikan pada diri kita sendiri dan dapat juga diajarkan kepada orang-orang disekeliling kita. Dengan demikian, hati yang terhias dengan kebaikan akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam menjalani hidup. 

Dengan menilik kepada biografi Habib Syech, maka dapat disimpulkan bahwa Habib syech adalah sosok yang alim berjiwa Islami. Hal tersebut tercermin pada segala kegiatan dan seruannya terhadap ummat dalam kebaikan. Tak sia-sia, ilmu agama yang telah dipelajari oleh beliau kini dapatbermanfaat bagi banyak orang untuk kehidupan dunia dan akhirat. Dengan ilmunya, Habib Syech menjadi populer dengan shalawat sebagai ciri dakwahnya. 

Didasari dengan sebuah niat dan keyakinan, pensyi'aran shalawat yang dilakukan oleh Habib Syech sampai saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat walaupun perjalanan hidup yang pernah dilewatinya cukup berliku. Itulah kehidupan dunia, penuh dengan cobaan dan rintangan serta berbagai macam bentuk lika-liku. Seperti halnya jalan hidup yang dihadapi oleh seseorang yang saat ininamanya tersebar luas tak hanya di pulaunya saja, bahkan namanya tersebar di beberapa negara. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut perjuangannya tentu saja anda harus mencari tahunya di biografi Habib Syech.

Biografi seorang tokoh terkenal bernama habib syech patut dibaca karena sosok alim ulama' seperti beliau dapat dijadikan inspirasi hidup. Semua hal dalam kehidupannya telah dimuat dalam biografi habib syech. Jadi, anda tinggal mempelajari bagaimana langkah serta teknik beliau dalam memperbanyak jama'ah serta cara beliau menarik banyaknya para pecinta shalawat. Terutama Sekarang ini, shalawat-shalawat yang dilagukan oleh Habib Syech sudah tersedia dalam bentuk mp3 yang dapat didengar dan diputar kapan saja oleh fans beliau. Di kalangan pondok pesantren juga sudah tersebar sya'ir shalawat beliau yang ditampilkan dalam hadrah ataupun sejenisnya. Hadrah adalah lantunan nyanyian shalawat yang diiringi dengan alat tabuh untuk menciptakan rasa asyik bagi pendengarnya. Setiap pendengar musik hadrah yang bernafaskan keislamian tersebut dapat memancing kesadaran akan pentingnya memperbanyak shalawat serta dapat menarik peminat shalawat.

Di Biografi Habib Syech anda tak hanya disuguhkan dengan semua khidup dan perjuangan beliau, namun semua nama-nama keluarga dan keturunan beliau juga ada didalamnya. Sebagai keturunan sang pendakwah yang namanya sudah tersebar luas bahkan di pelosok nusantara, Habib Syech tak pernah menyimpan sebuah keangkuhan. Bahkan yang ada beliau banyak bersyukur karena ia merasa berhasil menjadi insanyang berguna.

 Demikianlah biografi Habib Syech yang penting untuk kita ketahui dan semoga dengan membaca biografi Habib Syech sang penyuara shalawat, maka kita dapat memetik sebuahpelajaran dari kisah hidupnya dan semoga kita dapat mengikuti beliau menjadi pecinta shalawat. Menjadi pecinta shalawat seperti beliau tentu saja akan menjadi tabungan untuk meraih syafa'at Rasul di akhirat kelak, terlebih syafa'atul 'udzma.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Seorang Tokoh Terkenal Di Daerah Jawa Yakni Habib Syech"

Posting Komentar