Mengenal Tokoh Lebih Dekat Lewat Biografi Habib Lutfi Bin Yahya

Pembahasan mengenai biografi tokoh kali ini adalah tentang Biografi Habib Lutfi bin yahya. Maulana Habib lahir di Kota Pekalongan pada hari Senin, tanggal 27 Rajab tahun 1367 H atau tanggal 10 November, tahun 1947 M. Beusia 68 tahun dan beliau adalah pendakwah (syekh). Selain menjadi pendakwah, Habib Luthfi juga menjadi ketua MUI Jawa Tengah.


Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Nasab dari Jalur Ibu
Dilahirkan dari seorang syarifah, yang memiliki nama dan nasab: sayidah al Karimah as Syarifah Nur binti Sayid Muhsin bin Sayid Salim bin Sayid al Imam Shalih bin Sayid Muhsin bin Sayid Hasan bin Sayid Imam 'Alawi bin Sayid al Imam Muhammad bin al Imam 'Alawi bin Imam alKabir Sayid Abdullah bin Imam Salim bin Imam Muhammad bin Sayid Sahal bin Imam Abd Rahman Maula Dawileh bin Imam 'Ali bin Imam 'Alawi bin Sayidina Imam al Faqih al Muqadam bin 'Ali Bâ Alawi. Demikianlah keterangan nasab dari jalur ibu yang ada dalam biografi habib lutfi bin yahya.


Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Nasab dari Jalur Ibu

Selain nasab dari ibu, dalam biografi habib lutfi bin yahya ini juga akan disajikan nasab dari ayah sebagai berikut.

Rasulullah Muhammad Saw - Sayyidatina Fathimah Azzahro+Amirul mukminin Ali bin Abi Thalib - Imam Husein ash‑Sibth - Imam Ali Zainal Abidin - Imam Muhammad al‑Baqir - Imam Ja'far Shadiq - Imam Ali al‑Uraidhi Imam Muhammad an‑Naqib - Imam Isa an‑Naqib ar‑Rumi - Imam Ahmad Al‑Muhajir - Imam Ubaidullah - Imam Alwy Ba'Alawy - Imam Muhammad - Imam Alwy - Imam Ali Khali Qasam - Imam Muhammad Shahib Marbath - Imam Ali - Imam Al‑Faqih al‑ Muqaddam Muhammd Ba'Alawy - Imam Alwy al‑Ghuyyur - Imam Ali Maula Darrak - Imam Muhammad Maulad Dawileh - Imam Alwy an‑Nasiq - Al‑Habib Ali - Al‑Habib Alwy - Al‑Habib.


Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Masa Pendidikan

Riwayat pendidikan dalam biografi habib lutfi bin yahya ini diawali dengan pendidikan pertama Maulana Habib Luthfi diterima dari ayahanda al Habib al Hafidz 'Ali al Ghalib. Selanjutnya beliau belajar di Madrasah Salafiah. Guru‑guru beliau di Madrasah itu diantaranya: Al Alim al 'Alamah Sayid Ahmad bin 'Ali bin Al Alamah al Qutb As Sayid 'Ahmad bin Abdullah bin Thalib al Athas Sayid al Habib al 'Alim Husain bin Sayid Hasyim bin Sayid Umar bin Sayid Thaha bin Yahya (paman beliau sendiri) Sayid al 'Alim Abu Bakar bin Abdullah bin 'Alawi bin Abdullah bin Muhammad al 'Athas Bâ 'Alawi Sayid 'Al Alim Muhammad bin Husain bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib al 'Athas Bâ 'Alawi. Beliau belajar di madrasah tersebut selama tiga tahun.

Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Perjalanan Ilmiah

Pada tahun 1959 M, habib lutfi melanjutkan studi ke pondok pesantren Benda Kerep, Cirebon. Kemudian Indramayu, Purwokerto dan Tegal. Setelah itu beliau melaksanakan ibadah haji serta menziarahi datuknya Rasulullah Saw., disamping menimba ilmu dari ulama dua tanah Haram; Mekah‑Madinah. Beliau menerima ilmu syari'ah, thariqah dan tasawuf dari para ulama‑ulama besar, wali‑wali Allah yang utama, guru‑guru yang penguasaan ilmunya tidak diragukan lagi. Dari Guru‑guru tersebut beliau mendapat ijazah Khas (khusus), dan juga 'Am (umum) dalam Da'wah dan nasyru syari'ah (menyebarkan syari'ah), thariqah, tashawuf, kitab‑kitab hadits, tafsir, sanad, riwayat, dirayat, nahwu, kitab‑kitab tauhid, tashwuf, bacaan‑bacaan aurad, hizib‑hizib, kitab‑kitab shalawat, kitab thariqah, sanad‑sanadnya, nasab, kitab‑kitab kedokteran. Dan beliau juga mendapat ijazah untuk membai'at. Demikian biografi habib lutfi bin yahya terkait pengalaman perjalanan beliau.

Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Kegiatan -Kegiatan

Untuk lebih mengenal biografi habib lutfi bin yahya, maka akan disajikan kegiatan-kegiatan beliau sebagai berikut:
• Pengajian Thariqah tiap jum'at Kliwon pagi (Jami'ul Usul thariq al Aulia).
• Pengajian Ihya Ulumidin tiap Selasa malam.
• Pengajian Fath Qarib tiap Rabu pagi(husus untuk ibu‑ibu)
• Pengajian Ahad pagi, pengajian thariqah husus ibu‑ibu.
• Pengajian tiap bulan Ramadhan (untuk santri tingkat Aliyah).
• Da'wah ilallah berupa umum di berbagai daerah di Nusantara.
• Rangakain Maulid Kanzus (lebih dari 60 tempat) di kota Pekalongan dan daerah sekitarnya.

Sejumlah jabatan yang diembannya, tak membuat Habib Luthfi merasa capek dan merasa memiliki beban berat yang harus beliau tanggung, beliau selalu menjalankan jabatan yang beliau dapat dengan penuh amanah.Saat ini saja Habib Luthfi Bin Ali Yahya baru saja dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum MUI Kota Pekalongan untuk yang kedua kalinya dan sebagai Ketua Umum MUI Jawa Tengah. Di samping beliau seorang Mursyid Thoriqoh Sadzaliyah, juga sebagai Rais Aam dari Jam'iyyah Ahlit Thoriqoh Al Mu'tabaroh An Nahdliyyah hasil Muktamar Thariqah ke‑9 dan ke‑10 yang digelar di Kota Pekalongan (salah satu Badan Otonom NU). Dengan melihat keamanahan beliau dengan berbagai jabatan tersebut tentunya biografi habib lutfi bin yahya menjadi semakin menarik.

Biografi Habib Lutfi bin Yahya: Keunikan Pribadi Habib Lutfi bin Yahya

Dalam biografi habib lutfi bin yahya ini juga akan dibahas mengenai kepribadian beliau yang unik. Kyai yang memiliki karisma tinggi asal Pekalongan ini kabarnya memiliki hobi yang unik, bahkan dapat dikatakan nyentrik. Pasalnya beliau senang bermain organ dan mendengarkan musik-musik klasik seperti hasil karya Mozart dan Beethoven. Hobi tersebut tentu dianggap biasa bagi orang biasa, namun akan terasa unik ketika dimiliki kyai seperti beliau. 

Seorang ahli thariqat yaitu sebuah ajaran menuju keesaan Tuhan, menjabat ketua MUI di Jawa Tengah, dan Ahli thariqat NU. Tentu ini terdengar sangat menakjubkan. Padahal ada sejumlah kaum muslim yang mengharamkan untuk menikmati musik, terlebih lagi musik-musik atau lagu-lagu Barat. Dan hal menarik lainnya yang menjadikan biografi habib lutfi bin yahya ini patut Anda baca adalah sikap beliau yang sangat plural dan toleran terhadap adanya pemeluk agama lain.Hal ini terbukti dari lansiran berita yang bersumber dari fanpage beliau. 

Dalam biografi habib lutfi bin yahya ini, beliau memberikan pernyataan terkait kunjungan rombongan biarawati dan pendeta ke kediamannya. Kunjungan tersebut ternyata biasanya dilakukan padav momen hari raya idul fitri maupun momen-momen lainnya. Habib lutfi bin yahya mengatakan bahwa Allah SWT sebagai tuhan semua pemeluk agama. Sebagian orang awam mungkin akan salah paham dengan maksud tulisan tersebut, tetapi ketika mereka benar-benar mencerna dengan baik maka tidak akan menimbulkan salah paham.

Sebab seharusnya mereka meyakini bahwa Allah Pencipta alam semesta beserta isinya, termasuk Pencipta manusia. Meskipun umat lain ada yang mempertuhan Yesus, dewa-dewa, kita tidak boleh meyakini itu Tuhan mereka. Kita wajib meyakini Tuhan mereka adalah Allah Swt. Urusan menyembah 'siapa' itu urusan pribadi masing-masing yang tidak bisa dipaksakan. Demikianlah ulasan biografi Habib Lutfi bin yahya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Tokoh Lebih Dekat Lewat Biografi Habib Lutfi Bin Yahya"

Posting Komentar