Berzikir dan duduk di dalam halqah atau majelis zikir

Berzikir adalah suatu ibadah yang di senangi oleh Allah swt, apalagi di lakukan secara berjemaah atau bersama-sama. akan lebih banyak lagi pahalanya, banyak sekali pahala yang di dapat saat datang ke majelis zikir salah satunya akan di jelaskan di bawah ini.

 Disunnatkan berzikir, demikian pula duduk di halqah ahli zikir. Banyak dalil yang menganjurkan melakukan hal ini, dan insya Allah akan kami sebutkan pada tempatnya. Dalam masalah ini hadis Ibnu Umar r.a. cukup di jadikan sebagai dalil. Ia mengatakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya :

“ Apabila kalian melewati taman-taman surga, maka beristirahatlah kalian (padanya). Mereka (para sahabat) bertanya ‘ wahai Rasulullah, apakah yang di maksud dengan taman-taman surga itu ?’ beliau menjawab ‘ halqah-halqah (majelis-majelis) zikir, karena sesungguhnya Allah swt mempunyai iringan para malaikat yang ditugaskan mencari halqah-halqah atau majelis-majelis zikir. Apabila mereka mendatangi suatu majelis zikir, maka mereka mengerumuninya (bergabung dengan mereka).”

Di dalam kitab Shahih Muslim disebutkan sebuah hadis melalui Mu’awiyah r.a. yang menceritakan
“ Rasulullah saw keluar menuju sebagian sahabatnya yang membentuk suatu halqah (majelis) zikir. Beliau bersabda ‘apakah yang menyebabkan kalian duduk-duduk membentuk halqah atau majelis ini ?, mereka menjawab ‘kami duduk-duduk untuk berzikir kepada Allah dan memujinya atas karunianya yang telah menunjukkan kami kepada islam dan menganugerahkannya kepada kami.’ Beliau bersabda ‘apakah hanya karena Allah, kalian melakukan duduk-duduk ini ?, ingatlah sesungguhnya aku tidak bermaksud untuk melancarkan suatu tuduhan terhadap kalian, melainkan telah datang kepadaku malaikat jibril, lalu ia memberitakan kepadaku bahwa Allah swt membanggakan kalian di kalangan para malaikat.”

Di dalam kitab Shahih Muslim di sebutkan pula suatu hadis melalui Abu Sa’id Al-Khudri dan Abu Hurairah r.a. bahwa kedua nya pernah menghadiri suatu pertemuan dengan Rasulullah saw. lalu beliau bersabda yang artinya :

“ Tiada sekali-kali suatu kaum duduk-duduk untuk berzikir kepada Allah swt. Melainkan para malaikat mengerumuni mereka, dan rahmat meliputi mereka serta ketenangan diturunkan kepada mereka; dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan para malaikat yang dekat di sisinya."

Sumber : Terjemahan Kitab Al-Adzkarun Nawawiyyah

 
Diatas sudah di jelaskan bahwa majelis zikir itu di umpamakan dengan taman-taman surga, dan yang ada di dalam majelis zikir itu di sebut-sebut oleh Allah di kalangan para malaikat dan mereka yang ada atau hadir di majelis zikir rahmat meliputi mereka semua. Mari kita berusaha untuk selalu hadir di majelis zikir seperti ini. Masih banyak lagi keutamaan hadir di majelis-majelis ilmu dan zikir. Jaman sekarang majelis-majelis zikir sudah menyebar di setiap daerah, majelis Rasulullah dahulu yang di pimpin oleh Habib Mundzir sekarang sudah menyebar ke berbagai pelosok Indonesia. Majelis riyadul jannah, majelis ahbabul musthofa dan masih banyak lagi majelis ilmu dan zikir lainnya. Mari kita hadiri majelis ilmu dan zikir yang ada di daerah kita masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berzikir dan duduk di dalam halqah atau majelis zikir"

Posting Komentar