Doa ketika keluar dari rumah

Doa Ketika mau keluar rumah, seperti nya ini hal yang sepela di kalangan masyarakat atau tidak terlalu di hiraukan, tapi dengan membaca doa keluar rumah, banyak manfaat yang di dapatkan salah satunya di jaga dirinya dari hal-hal yang negatif. simak penjelasan di bawah ini.

Kami meriwayatkan sebuah hadis melalui Ummu Salamah r.a. yang bernama asli Hindun. Ia menceritakan :

 “Bahwa Nabi saw, apabila keluar dari rumahnya mengucapkan doa berikut ‘Dengan menyebut asma Allah aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu agar aku jangan sesat atau disesatkan, agar jangan tergelincir atau di jatuhkan, agar jangan berbuat aniaya atau teraniaya, dan agar jangan terjerumus dalam kebodohan atau di jerumuskan kedalam kebodohan.”

Hadis ini berpredikat sahih di riwayatkan oleh imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasai dan Imam Ibnu Majah. Imam Turmudzi mengatakan bahwa hadis ini berpredikat sahih.

Kami meriwayatkan sebuah hadis di dalam sunan Abu Daud, Sunan Turmudzi dan Sunan Nasai serta kitab-kitab sunan lainnya melalui Anas r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda :

“Barang siapa ketika keluar dari rumahnya mengucapkan doa ‘Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah’ maka di katakan kepadanya ‘engkau mendapat petunjuk, mendapat kecukupan, dan mendapat pemeliharaan’ dan setan menjauh darinya.”

Imam Turmudzi mengatakan bahwa hadis ini berpredikat hasan.

Imam Abu Daud di dalam riwayatnya menambahkan “maka berkatalah, yakni setan berkata kepada temannya ‘mana mungkin engkau dapat mengganggu seorang lelaki yang telah mendapat petunjuk, kecukupan, dan pemeliharaan (dari Allah).”

Sumber : Terjemahan Kitab Al-Adzkarun Nawawiyyah

Tidak ada salahnya kita untuk membaca doa ini ketika ingin keluar dari rumah, agar kita terhindar dari kecelakaan, agar kita selalu dalam lindungan Allah swt. Di atas sudah sangat jelas bahwa arti kata-katanya, mari kita hafalkan doa ketika keluar dari rumah ini bersama-sama. doa ini mungkin jarang sekali kita baca mungkin karena kita terburu2 dalam berangkat, mulai detik ini mari kita lakukan hal-hal kecil yang bermanfaat yang bisa mengubah hidup kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa ketika keluar dari rumah"

Posting Komentar